Thursday 1 December 2011

Kasus atau Memang Tidak Sengaja Kecelakaan


Salam untuk pembaca

Beberapa hari lalu terkait dengan peristiwa banting harga BlackBerry series Belagio yang mencapai angka diskon 50% di mall Pasific Place memang sempat membuat semacam sedikit insiden. Dalam hal ini banyak spekulasi yang mengatakan, itu murni sebuah insiden atau memang semacam kampanye yang digunakan untuk peningkatan image BlackBerry?

Menurut data, pamor BlackBerry sedikit meredup, namun sepertinya tidak dengan mindset para konsumen di Indonesia. BlackBerry sepertinya tetap menjadi primadona dalam urusan Smartphone. Smartphone yang banyak digunakan untuk berFacebook dan berBBMan ria ini memang menjadi target masyarakat. Memiliki BlackBerry seperti kita memasuki sebuah kelas tertentu. Seperti salah satu teman saya yang memiliki niat sekuat baja ingin memiliki BlackBerry. Apakah sekarang BlackBerry menjadi sebuah kebutuhan? jawabnya adalah tergantung orang tersebut. Secara pribadi, saya sendiri blum begitu membutuhkan BlackBerry, namun karena lingkungan saya yang sudah Full BlackBerry Minded membuat saya juga harus memiliki gadget yang satu itu. Kata mereka sih "biar engga ketinggalan info, kita semua share-sharenya lewat BBM". Sepertinya BlackBerry harus punya karena terpaksa :D

Kembali ke Kasus awal, seperti yang di tulis pada buku Silih Agung dan Jim Macnamara, Strategi Public Relations:
"Jika iklan bertindak sebagai orang pertama (perusahaan) yang memuji-muji diri sendiri, maka PR harus memanfaatkan orang ketiga untuk memuji orang pertama"

Kasus ini seperti sebuah konsep PR Profesional yang menggunakan konsep modern PR. Orang ketiga ini adalah para pembeli BlackBerry yang membludak tidak jelas, yang berperan sebagai pemuji bahwa produk kali ini sungguh istimewa. terlepas dari diskonnya yang hingga 50%.

Lalu apa target dari kejadian ini? tentu saja Media. Dengan adanya kejadian ini, serentak seluruh media meliput tempat kejadian perkara, yang automatis memberikan publikasi secara gratis kepada perusahaan yang berkaitan. Easy way, and the Cheapest way to get a free promotion...

Salah satu metode PR yang saya anjungi jempol, karena memiliki dampak yang tidak main-main terhadap salah satu produk dari negara Kanada tersebut.


Best Regard..


Rochester.

No comments:

Post a Comment